Tips Bisnis Produksi Video – Tips Manajemen Arus Kas untuk Videografer

Kata kunci dalam frasa “manajemen arus kas” adalah “manajemen”. Anda harus metodis dan konsisten dalam hal bagaimana Anda memecahkan masalah arus kas setiap hari. Kebanyakan pengusaha yang tidak berpengalaman percaya bahwa satu-satunya cara untuk meningkatkan arus kas adalah dengan menghasilkan lebih banyak penjualan. bukan seperti itu. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan posisi arus kas Anda saat ini, tanpa meningkatkan penjualan.

Berikut rencananya:

1. Catat saldo saat ini di rekening giro perusahaan Anda.

2. Catat jumlah hutang Anda pada daftar gaji dan tagihan Anda untuk dua minggu ke depan.

Ini adalah kewajiban Anda saat ini pada tanggal hari ini. (Saya membayar karyawan saya setiap dua bulan, jadi saya fokus pada interval dua minggu mengenai jumlah yang terutang dalam faktur gaji dan bisnis.)

3. Kurangi kewajiban hari ini dari saldo bank hari ini.

Ini adalah “Saldo Arus Kas” Anda per tanggal hari ini. Semoga saldo arus kasnya tidak negatif. Jika angkanya negatif (dan dalam banyak kasus akan demikian) itu berarti bahwa dalam beberapa minggu, Anda harus membayar lebih banyak dalam daftar gaji/tagihan daripada yang Anda miliki saat ini di bank. Apakah itu berarti Anda harus mengangkat telepon dan mulai menelepon sampai Anda melakukan penjualan? Tidak.

Semua ini akan membuat Anda frustrasi tanpa henti, dan Anda akan terus bertindak putus asa daripada menjadi tenang dan percaya diri dan tenang di pundak Anda. Bertindak berdasarkan emosi negatif hanya akan lebih berbahaya.

Inilah cara “mengelola” arus kas Anda sebelum Anda khawatir akan melakukan penjualan tambahan.

4. Pikirkan tentang tagihan yang akan jatuh tempo dalam dua minggu ke depan dan yang harus dibayar dalam waktu dua minggu.

Apakah Anda akan menderita dengan cara apa pun jika sebagian atau semua tagihan itu ditunda selama satu atau dua minggu? Saya tidak merekomendasikan melakukan pembayaran pinjaman yang terlambat yang dapat mempengaruhi kredit Anda seperti pinjaman bank, pinjaman peralatan, dll., tetapi Anda dapat menunda pembayaran untuk beberapa vendor seperti wiraswasta, printer, ISP, dll.

Menyimpan cek selama dua minggu sering kali adalah semua yang Anda butuhkan untuk kembali ke jalurnya kecuali jalur penjualan Anda kosong.

Saya bukan penggemar berat tagihan terlambat; Namun, ingatlah bahwa Anda bekerja untuk meningkatkan kehidupan Anda, bukan kehidupan para penjual. Mereka memainkan peran penting tetapi Anda harus melihat kesehatan perusahaan Anda terlebih dahulu. Lagi pula, jika perusahaan Anda tidak sehat, ada kemungkinan besar Anda tidak akan punya uang untuk membayar vendor mana pun. Adalah kepentingan terbaik mereka untuk bekerja dengan Anda ketika Anda membutuhkan bantuan. Lakukan yang terbaik untuk tidak menyalahgunakannya. Dan jangan takut untuk menelepon mereka sebelum tagihan jatuh tempo untuk memberi tahu mereka bahwa Anda akan sedikit terlambat. Biasanya yang mereka butuhkan hanyalah panggilan telepon sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang akhir mereka mengapa Anda belum membayar tagihan Anda.

Masih tidak yakin bahwa ini baik-baik saja? Pikirkan semua waktu pelanggan Anda terlambat membayar Anda. Terkadang alasannya adalah karena tagihannya salah tempat. Sebagian besar waktu itu karena penghitung kacang mereka melakukan latihan yang sama yang saya ungkapkan kepada Anda di posting ini dan tunggu sampai semuanya seimbang sebelum mereka memotong cek. Jadi jangan merasa buruk tetapi cobalah untuk tidak menyinggung perasaannya.

5. Setelah menentukan tagihan mana yang dapat ditangguhkan, lihat hak Anda.

Siapa klien yang saat ini berutang uang kepada Anda dan siapa yang Anda harapkan akan membayar Anda dalam dua minggu ke depan? Angkat telepon atau kirim email segera menanyakan status pembayaran untuk tagihan yang jatuh tempo sekarang dan juga untuk tagihan yang jatuh tempo dalam dua minggu.

Untuk kelompok kedua, beri tahu mereka bahwa Anda sedang melihat buku Anda selama dua minggu ke depan dan ingin melihat apakah Anda dapat mengandalkan cek yang tiba sebelum akhir periode 30 hari. Dalam proses memeriksa status pembayaran Anda, mereka harus menemukan faktur Anda di sistem mereka. Jika mereka menemukannya, mereka akan sering mencoba membayarnya untuk memastikan pembayarannya tepat waktu.

Jika mereka tidak dapat menemukannya, mereka akan memberi tahu Anda dan Anda dapat segera mengirimkan salinan faktur lainnya kepada mereka. (Catatan: Jika Anda mengirimkan faktur melalui email, simpan salinan email tersebut sehingga Anda dapat memeriksa kapan email tersebut dikirim. Juga, mintalah pelanggan untuk mengonfirmasi penerimaan dengan email pengembalian. Hal yang sama berlaku untuk faks.) Ini akan memberi Anda kesempatan untuk berdiri ketika mereka diminta untuk membayar Faktur yang Anda kirimkan hari ini sehingga pembayaran masih dapat dilakukan pada atau sebelum tanggal jatuh tempo yang asli.

6. Setelah menangani pembayaran yang terutang kepada Anda sekarang, lihat pembayaran yang jatuh tempo dua minggu setelah pekerjaan selesai.

Kemudian, angkat telepon atau kirim email yang menanyakan apakah mungkin bagi mereka untuk melanjutkan dan memotong cek untuk Anda. Anda akan terkejut betapa banyak pelanggan Anda (terutama pelanggan yang puas) akan dengan senang hati berkomitmen. Yang lain akan meminta persentase diskon kecil jika mereka tetap membayar dan membayar lebih awal (sekitar 2-3%). Jika/ketika ini terjadi, Anda hanya perlu menganalisis jika Anda ingin melepaskan persentase untuk mendapatkan uang lebih cepat. Saya dapat dengan jujur ​​memberi tahu Anda bahwa selama lebih dari 10 tahun menjalankan bisnis video saya, hanya dua klien yang meminta diskon jika mereka membayar lebih awal. Pelanggan lain menolak pesanan saya atau membayarnya tanpa diskon.

7. Langkah selanjutnya adalah melihat penawaran penjualan yang ada namun harus dikejar.

Tindak lanjuti setiap kemungkinan dan tanyakan apakah ada yang dapat Anda lakukan yang akan membantu mereka membuat keputusan untuk melanjutkan proyek. Kadang-kadang sesederhana memotong harga beberapa ratus dolar atau menawarkan lebih banyak salinan DVD di akhir proyek.

Di lain waktu, mereka bingung tentang bagian dari proposal Anda tetapi tidak meluangkan waktu untuk menghubungi Anda tentang hal itu. Setelah Anda memecahkan masalah mereka, mereka akan lebih dekat untuk menandatangani kontrak Anda. Dalam kasus lain, mereka akan menunjukkan bahwa mereka tidak pernah menerima proposal dan bertanya-tanya mengapa mereka belum mendengar kabar dari Anda. Terlepas dari skenarionya, tindakan positif apa pun di area ini akan mendorong Anda maju dalam proses penjualan.

8. Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas dan tampaknya tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan cukup uang untuk melewati periode pembayaran berikutnya, inilah saatnya untuk mulai melihat batas kredit Anda.

Apakah Anda memiliki lini bisnis kredit? Jika tidak, tanyakan kepada bankir Anda tentang membuatnya. Apakah Anda memiliki bagian di rumah Anda? Jika demikian, bicarakan dengan beberapa bank atau perusahaan hipotek tentang mendapatkan jalur kredit untuk membeli rumah. Tidak peduli bagaimana Anda melakukannya, tarik uang tunai secukupnya untuk melanjutkan ke periode berikutnya. Ketika Anda mendapatkan cek, segera bayar. Ambil jenis hutang ini dengan sangat serius. Ini dapat menyelamatkan Anda ketika Anda membutuhkannya tetapi juga dapat melumpuhkan Anda jika Anda menggunakannya sebelum mengambil semua langkah di atas. Jangan gunakan batas kredit Anda sebagai penopang!

Jika Anda tidak memiliki akses ke batas kredit, mulailah memikirkan cara mengamankannya sekarang. Hubungi beberapa bank, bicarakan dengan pengusaha lokal yang sukses untuk mendapatkan ide, dll. Batas kredit sering kali menjadi perbedaan antara memproduksi video selama dua minggu lagi atau menutup pintu Anda.