Sistem point of sale lebih dari sekedar mesin kasir

POS adalah singkatan dari Point of Sale dan umumnya digunakan untuk menggambarkan komputer yang digunakan untuk memverifikasi pelanggan. Mesin-mesin ini dulunya hanyalah mesin kasir yang mendongkrak penjualan dan menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan uang tunai, cek, atau slip pengiriman yang dihasilkan penjualan Anda. Hari-hari ini, seperti kebanyakan hal lain yang didukung oleh sistem komputer, mereka melakukan lebih dari itu.

Kontrol inventaris

Salah satu keuntungan terbesar yang ditawarkan sistem titik penjualan modern adalah bantuan yang dapat mereka berikan kepada Anda dengan melacak tingkat inventaris Anda. Tidak peduli ukuran bisnis Anda, melacak barang yang masuk dan keluar dari inventaris toko Anda adalah bagian penting dari menjalankan bisnis yang efektif.

Mengetahui dengan tepat barang mana yang sedang dijual dan dalam jumlah berapa membuat pemesanan ulang menjadi lebih mudah. Alih-alih menebak barang apa yang Anda perlukan di masa depan, yang dapat menyebabkan peningkatan inventaris dan kehilangan keuntungan, Anda dapat memesan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Pelacakan inventaris juga dapat memberi tahu Anda item mana yang mungkin diserahkan di rak Anda tanpa membayarnya. Pencurian merugikan bisnis ritel dalam jumlah besar setiap tahun dan mengetahui barang mana yang dicuri akan memungkinkan Anda mengambil langkah untuk menghentikan pencurian.

Sistem titik penjualan modern menyediakan cara mudah untuk menjaga pelacakan inventaris Anda tetap terkendali. Dengan menghubungkannya ke sistem inventaris toko Anda, mereka dapat memberi Anda data instan tentang apa yang sedang dijual. Setiap item memiliki barcode individu. Ketika dipindai oleh sistem POS, informasi tentang barang tersebut secara otomatis dimasukkan ke dalam sistem kontrol inventaris Anda.

Jenis pembayaran

Keuntungan lain dari sistem POS saat ini adalah memungkinkan Anda bekerja dengan pemrosesan yang efisien dari berbagai jenis pembayaran. Dulu bisnis kecil tidak dapat dengan mudah memproses kartu kredit dan memverifikasi pembayaran. Ini berarti bahwa perusahaan memilih untuk tidak menerima metode pembayaran ini atau menerimanya karena mengetahui bahwa ada kemungkinan mereka tidak akan pernah menerima pembayaran karena sulit untuk memverifikasi akun.

Sistem yang memproses cek dan kartu kredit sekarang menjadi bagian integral dari banyak sistem point of sale. Ketika kartu kredit dipindai, tidak hanya informasi akun yang diambil, tetapi juga diverifikasi. Jika akun diretas dengan cara tertentu, kartu akan ditolak. Ini menyelamatkan bisnis Anda dan mungkin orang yang akunnya telah Anda kompromikan dari mengalami kerugian.

Hal yang sama terjadi saat melakukan pemindaian melalui pemindai. Meskipun tidak semua sistem dapat memverifikasi bahwa ada cukup saldo di akun untuk menutupi cek, mereka setidaknya dapat memverifikasi bahwa akun itu ada dan saat ini dalam performa yang baik. Meskipun ini tidak akan melindungi Anda dari cek terpental, ini akan mencegah Anda menerima cek buruk.

Seperti banyak item berbasis teknologi lainnya, jumlah dan kualitas layanan yang ditawarkan sistem POS Anda telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Jika sistem yang Anda gunakan berusia lebih dari sepuluh tahun, ada banyak manfaat besar bagi bisnis Anda jika Anda memperbarui sistem POS Anda.