Perbedaan antara cek dan rintisan cek

Perbedaan antara cek dan cek rintisan terkadang bisa membingungkan, terutama jika Anda baru memulai di dunia perbankan atau baru pertama kali bekerja. Paling sering, majikan yang menulis atau mencetak cek akan mengirimkan cek dan rintisan kepada karyawan untuk menjelaskan bagaimana gaji akhir dihitung. Namun, ada kasus di mana pembayaran dilakukan dengan cek dan tidak ada rintisan yang dilampirkan, yang sering terjadi pada kontraktor atau pekerja independen. Begitu pula sebaliknya, mereka yang dibayar melalui setoran langsung hanya dapat menerima potongan cek sebagai bukti pembayaran.

Apa itu cek?

Menurut situs web Princeton.edu, cek adalah “perintah tertulis yang mengarahkan bank untuk membayar uang.” Ketika seseorang menerima cek sebagai pembayaran, itu memberikan otorisasi bank baginya untuk menerima jumlah penuh cek, yang diambil dari rekening penyedia cek. Jika dana tidak tersedia (tidak cukup), dana tidak akan terbuang percuma. Sebagai dokumen yang mengikat secara hukum, cek dapat digunakan di pengadilan sebagai kontrak antara penulis dan penerima.

Informasi apa yang terkandung dalam cek tersebut?

Ada tiga jenis informasi dalam cek – informasi penerima, informasi penyedia, dan informasi perbankan. Penerima akan menemukan nama lengkap resmi mereka, dan jumlah yang harus dibayar pada cek dalam format numerik dan indeks. Secara tradisional informasi kontak penulis juga di cek, untuk memasukkan namanya (atau nama perusahaan), alamat, dan nomor telepon kontak. Informasi perbankan yang mencakup nomor perutean bank dan nomor rekening petugas. Selain itu, logo beberapa bank mungkin ditampilkan dengan jelas.

Apa kegunaan cek yang paling umum?

Cek biasanya digunakan untuk ditukar dengan barang atau jasa. Ini mewakili alat pembayaran yang sah dan melayani fungsi yang sama seperti mata uang.

Apa itu cek rintisan?

Sebuah rintisan cek adalah catatan yang merinci informasi pada cek. Karena cek diserahkan ke bank untuk nilai moneternya, orang yang mencairkan cek tidak menyimpan bukti transaksi. Oleh karena itu, penerima cek biasanya menyimpan izin sebagai tanda terima.

Informasi apa yang terkandung dalam stub cek?

Rintisan cek datang dalam berbagai bentuk seperti rintisan gaji yang digunakan pada daftar gaji atau rintisan bisnis yang diberikan kepada kontraktor. Informasi yang paling umum pada cek rintisan termasuk nama penerima, informasi identifikasi rekening (nomor karyawan, empat digit terakhir dari nomor Jaminan Sosial, dll), informasi bisnis penulis cek (nama, alamat, dll), jumlah cek, dan rincian bagaimana cek dihitung Nilai akhir cek (diskon, biaya, dll.). Pada beberapa laporan cek (khususnya catatan penggajian), mungkin ada riwayat pembayaran selama periode waktu tertentu.

WTopi adalah penggunaan paling umum dari cek perawan?

Sebuah rintisan cek sering digunakan sebagai bukti pendapatan penerima. Sebagai catatan pembayaran yang sah, dokumen-dokumen ini memverifikasi jumlah yang diterima dan sering digunakan untuk melaporkan bukti pendapatan.