Pengaruh Karlheinz Stockhausen pada musik pop

Karlheinz Stockhausen adalah seorang komposer berpengaruh dari suara listrik. Dia terkenal karena dia tidak mengikuti tradisi musik kuno. Komposisi elektroniknya mempelopori perpaduan antara pertunjukan live dan elektronik, sampling, dan teknik musik serial, dan juga mengembangkan musik elektronik.

Karlheinz Stockhausen telah mempengaruhi banyak pecinta musik terkenal. Dia mempengaruhi musik John Lennon dan Paul McCartney. Bahkan, gambar Karlheinz Stockhausen ditampilkan di sampul album The Beatles, “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club.” Lagu “Strawberry Fields Forever” dipengaruhi oleh musik Stockhausen. Diyakini bahwa musik techno berevolusi darinya. Stockhausen mempengaruhi musik techno Frank Zappa dan David Bowie. Miles Davis juga memberi tahu Stockhausen bahwa dia memiliki pengaruh.

Karya Stockhausen mempengaruhi karya-karya Franco Evangelisti, dan Ludzimierz Kotunsky. Film “Threni” oleh Igor Stravinsky dipengaruhi oleh gaya Stockhausen “Zeitmasse” dan “Gruppen”. “Gruppen” juga memengaruhi “In Memoriam” milik Aldous Huxley. Komposer Prancis Jean-Claude Eloy mengatakan bahwa Stockhausen adalah komponis penting abad ini. Per Norgaard sangat tersentuh ketika dia mendengar “Kontakte” Stockhausen dan mulai menulis seperti Stockhausen.

Pada tahun 1996, Frank Zappa mengakui kehebatan komposer dalam catatan liner dari “Freak Out!” Juga, gitaris Pete Townsend menjadi tertarik pada Stockhausen dan menyuarakan ini di bagian belakang album mereka “Happy Jack”. Grup Jefferson Airplane and the Grateful Dead mengatakan, psychedelics di San Francisco bahwa musik mereka disusun seperti yang dilakukan Stockhausen. Anggota pendiri Cannes, Ermine Schmidt dan Holger Zuckai, serta pelopor Kraftwerk, mempelajari musik Stockhausen. “A Day in the Life” dan “Revolution 9” dipengaruhi oleh penulis hebat itu. Bjork, seorang musisi Islandia, mengklaim bahwa Stockhausen memengaruhi musiknya.

“Momente” Stockhausen adalah titik balik ketika komposer Belanda Louis Andreessen menciptakan “Contra Tempus” sendiri pada tahun 1968. “Momente”, “Hymnen” dan “Inori” mempengaruhi teman sekelasnya Wolfgang Rihm. Stockhausen juga telah dicatat oleh musisi jazz seperti Cecil Taylor, Charles Mingus, Herbie Hancock, Youssef Latif dan Anthony Braxton.

Di seluruh dunia musik, Stockhausen telah menjadi pengaruh dan pelopor musik baru dan inovatif. Ia lahir di Burg Mudrat pada tahun 1928 dan Perang Dunia Kedua meninggalkan bekas pada dirinya. Ayahnya adalah seorang guru dan ibunya berasal dari keluarga petani kaya. Dia menyukai musik tetapi setelah melahirkan dia mengalami gangguan mental. Untuk menunjang dirinya dalam belajar musik di Cologne Music School, ia bermain jazz.

“Gesang der Junglinge” adalah pencapaian pertamanya dalam musik, “Kontakte” adalah campuran antara pertunjukan langsung dan materi rekaman. Dia telah mengajar di Internationale Ferienkurse fur Neue Musik dan telah mengajar dan bermain di konser di seluruh Eropa, Amerika Utara dan Asia.

Stockhausen telah menerima banyak penghargaan seperti Penghargaan Kritikus Grammy tahun 1964, Hadiah SIMC 1966 dan 1972 untuk Karya Orkestra, Grand Prix Seni ke-968 di Rhine-Westphalia Utara, Penghargaan Asosiasi Penerbit Musik Jerman 2005 untuk Skor Hoch-Zeiten untuk Paduan Suara, Penghargaan Asosiasi Penerbit Musik Jerman tahun 2003 untuk musik Michaelion, penghargaan Asosiasi Penerbit Musik Jerman tahun 2001 untuk skor kuartet Helikopter String, pada tahun 2000-2001 Karlheinz Stockhausen memenangkan Merpati Emas (hadiah pertama) di Festival Film Animasi Internasional di Leipzig dan masih banyak lagi penghargaan bergengsi lainnya.

Komposer Jerman ini mampu menciptakan 350 buah musik klasik. Karya-karya ini adalah produk luar biasa dari ciptaannya.