kesedihan online

Kehilangan seseorang bukanlah hal yang mudah. Berduka selanjutnya adalah proses yang tidak mengenal batas waktu. Banyak orang bergabung dengan kelompok pendukung yang dirancang untuk membantu mereka yang berduka, memberi mereka suara tentang seperti apa proses mereka. Di dunia yang paham teknologi saat ini, semakin banyak orang bergabung dengan grup ini secara online, baik melalui situs tertentu seperti Berbagi Duka atau situs media sosial seperti Facebook. Kami tidak lagi harus pindah ke pertemuan mingguan. Anda tidak perlu lagi berpakaian atau keluar rumah. Anda cukup masuk dan mendapatkan dukungan. Tapi apakah ini benar-benar berguna?

Ketika saya pertama kali kehilangan cinta dalam hidup saya, saya mencari kelompok pendukung. Saya tahu saya akan membutuhkan lebih banyak bantuan untuk memproses perjalanan saya daripada yang dapat saya lakukan sendiri. Tidak menemukan apa pun di sekitarnya, saya memasuki kelompok pendukung kesedihan di mesin pencari saya. Hasilnya luar biasa. Memilih mereka, saya bergabung dengan beberapa untuk memulai dan mereka tampaknya menjadi yang terbaik. Hal terbaik yang saya temukan adalah ketersediaan dan kemudahan grup mana yang dapat dimasuki. Fakta bahwa ada begitu banyak variasi antar kelompok membuatnya mudah untuk menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaat kelompok dukungan online

Dukungan Berkelanjutan: Popularitas dukungan online adalah mudah. Anda dapat berbagi pikiran, perasaan, dan fluktuasi kesedihan Anda. Anda dapat berbagi kesedihan orang lain juga. Penting untuk memiliki koneksi, betapapun lemahnya itu. Dengan berbagi kesedihan ini, kita bisa menemukan orang lain yang merasakan dan mengalami hal yang sama. Melalui partisipasi ini setiap orang menyadari bahwa mereka tidak sendiri. Seseorang tidak lagi merasa seperti orang gila karena apa yang dipikirkan atau dirasakannya. Dengan membantu orang lain, kita mulai memproses perjalanan kita sendiri. Ini adalah tujuan dari kelompok pendukung ini.

Tidak ada batasan waktu: Dengan kelompok tatap muka, banyak yang sering merasa bahwa seseorang “terobsesi” dengan waktu yang terlibat. Anda juga harus menunggu hingga pertemuan berikutnya untuk dapat berbagi pengalaman. Di komunitas online, Anda menemukan bahwa Anda dapat memposting dan berbagi terlepas dari berapa banyak waktu yang dihabiskan orang lain untuk berbagi kesedihan mereka. Anda masih menerima tanggapan atas pertanyaan, reaksi terhadap perasaan Anda, tetapi tidak ada batasan “waktu”. Saya menemukan ini sangat berguna karena saya dapat membagikannya kapan saja, siang atau malam. Memiliki perasaan orang lain untuk membantu Anda ketika Anda membutuhkannya tidak ada bandingannya

Ketika Anda bergabung dengan komunitas ini, ada sekelompok besar orang dalam berbagai tahap kesedihan mereka. Banyak kelompok pendukung tradisional bekerja untuk jangka waktu tertentu, dan kemudian “lulus”. Meskipun kombinasi ini membantu, tidak semua orang berduka dengan cara yang sama atau pada waktu yang sama. Perjalanan ini unik untuk setiap orang dan hubungan dengan orang yang meninggal. Menempatkan batas waktu berapa lama Anda harus lulus adalah ide kuno yang tidak berhasil. Ini berhasil bagi saya karena itu berarti perjalanan saya melalui proses ini tidak pada jadwal yang tetap atau saya mandek hanya karena saya tidak berada dalam waktu tertentu pada waktu tertentu.

Jangan menilai di tahap mana Anda berada: Dengan pengalaman komunitas online yang luas, komunitas online dapat memberikan harapan bagi pendatang baru, sekaligus memberikan kesempatan kepada “pemodel lama” untuk berbagi pengetahuan yang telah mereka peroleh. Seorang janda yang berusaha menyatukan hidupnya bisa mendapatkan harapan dari seorang janda yang mulai melangkah maju. Dengan berbagi pengalaman, masing-masing pihak dapat memperoleh manfaat dari yang lain. Setelah beberapa keluarga dan teman menghilang, orang yang berduka mencari orang lain untuk membantu mereka memproses semuanya. Manfaatnya adalah, di sebagian besar komunitas online, ada sedikit penilaian tentang di mana Anda berada dalam proses Anda. Tidak ada yang memberitahu Anda untuk melupakan atau melanjutkan. Orang-orang dalam kelompok ini memahami apa yang Anda alami.

Dukungan Gratis: Salah satu manfaat terbesar dari grup online dibandingkan dengan grup tradisional adalah sering kali ada biaya yang terlibat dalam grup tradisional. Ada beberapa komunitas dukungan online yang meminta biaya, tetapi relatif sedikit dibandingkan dengan biaya mingguan kelompok tradisional. Bagi mereka yang kesulitan uang, mereka masih bisa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan tanpa biaya tambahan. Tidak ada buku khusus untuk dibeli, yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan akses internet.

Tidak ada waktu pertemuan yang ditetapkan: Manfaat lain dari kelompok dukungan online adalah Anda dapat “pergi” pada saat yang paling nyaman bagi Anda. Ini bukan waktu yang spesifik, dan sepertinya selalu ada seseorang untuk “berbicara”. Anda bisa mendapatkan banyak teman, dan menemukan bagaimana orang-orang dari seluruh dunia tampaknya memiliki pemikiran, perasaan, dan pengalaman yang sama dengan Anda. Ini membantu orang menyadari bahwa meskipun kesedihan mereka unik bagi mereka, setiap orang memiliki kesamaan yang sangat dibutuhkan ketika Anda sedih. Saya mengalami kesulitan tidur karena mimpi buruk yang menyertai kehilangan saya. Senang rasanya bisa melompat di tengah malam dan menemukan seseorang di sana yang juga kesulitan tidur. Selama pertunangan saya dengan kami, saya sering berhasil tidur, mengetahui bahwa apa yang saya rasakan adalah normal.

Kerugian dari kelompok pendukung duka online

Postingan konstan yang mengingatkan Anda tentang kehilangan Anda: Salah satu masalah terbesar dengan kelompok dukungan online atau media sosial adalah orang bisa terjebak. Memeriksa setiap hari atau setiap jam bisa sangat membuat frustrasi. Melihat semua orang yang berbeda, membaca posting mereka, seseorang bisa terjebak dalam kesedihannya. Mungkin sulit untuk mengetahui kapan harus mundur. Hal ini dapat menciptakan malapetaka dalam kehidupan seseorang yang lebih buruk dari kesedihan yang mereka rasakan. Ini terjadi pada saya, saya akan memeriksa untuk melihat bagaimana orang lain melakukannya dan berbagi langkah kecil ke depan, hanya untuk dijatuhkan oleh beberapa posting. Melihat apa yang orang lain posting tentang apa yang mereka lewatkan atau bagaimana mereka kehilangan orang yang dicintai mengingatkan saya sekali lagi tentang kehilangan saya.

Isolasi: Masalah besar lainnya adalah ketika Anda dapat memiliki dukungan di rumah, Anda tidak perlu keluar rumah dan menghadapi dunia. Ini mungkin membuat Anda terasing dari teman dan keluarga Anda. Bagian dari kesedihan adalah mengetahui bagaimana menjalani hidup Anda tanpa orang yang Anda cintai. Saya menemukan diri saya dalam isolasi karena saya tidak harus keluar. Saya mengisolasi diri di depan komputer, tidak keluar dan mencoba untuk hidup maju. Saya menemukan ini membuat saya terjebak dalam depresi saya. Itu hanya meningkatkan perasaan dunia yang tidak mengerti apa arti kehilangannya bagiku. Orang-orang dalam kelompok melakukannya. Saya hanya akan tinggal di sana

Sementara kesedihan adalah bagian normal dari kehidupan, bagaimana kita menghadapinya dan di mana kita mendapatkan dukungan adalah penting. Menggunakan situs media sosial online atau komunitas dukungan online adalah salah satu cara untuk mulai mengatasi kesedihan Anda. Tetapi mengetahui kapan harus mundur, dan mengetahui kapan harus mulai terlibat dengan dunia di sekitar Anda adalah bagian penting dari proses itu. Memastikan Anda tidak terjebak di bagian mana pun dari proses ini terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda siap untuk melanjutkan.