CIF – SIF Apa bedanya?

Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan antara CIF dan SIF. Sesuai dengan kewarasan kita dan melanjutkan tema menjaganya tetap sederhana, saya akan mencoba menggunakan istilah teknis sesedikit mungkin. CIF dan SIF terutama digunakan untuk menggambarkan resolusi video dan digunakan secara luas untuk menentukan resolusi peralatan kamera CCTV.

Jadi Anda mengatakan, apa bedanya? Dan mengapa ejaan ganda seperti kata dengan ejaan ganda? Mana yang lebih baik? Saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini tetapi pertama-tama sedikit sejarah kata. Anehnya, CIF dan SIF bukanlah kata dengan ejaan ganda seperti perbedaan ejaan “pesawat dan pesawat terbang” Inggris atau Amerika. CIF dan SIF sebenarnya adalah akronim tiga huruf yang melakukan hal yang sama. Tergantung pada mantranya, Anda dapat membeli produk yang lebih rendah atau produk yang terlalu kuat.

Yah, itu sudah cukup untuk berbicara dalam simbol. Mari kita ambil kata CIF dan memecahnya menjadi istilah yang lebih sederhana. CIF bukan akronim tiga huruf yang berarti “Federasi Antar Sekolah California”, CIF adalah format presisi yang berarti Format Menengah Umum. Ingatlah bahwa kita berbicara tentang pemformatan presisi. Jika Anda menggunakan perangkat yang menetapkan resolusi sebagai CIF dan dieja “C”, Anda menggunakan teknologi dengan resolusi 352 x 288 piksel. Perlu diketahui bahwa nomor H-dot yang biasa dikaitkan dengan CIF adalah H.261/H.263.

Jadi apa itu SIF, Anda bertanya. SIF adalah akronim tiga huruf yang merupakan singkatan dari Source Input Format. SIF paling sering dikaitkan dengan format video MPEG dan yang paling membingungkan Anda, saya pernah melihatnya ditulis sebagai CIF. Tergantung di belahan dunia mana Anda berada, Anda menggunakan PAL untuk standar Eropa atau NTSC untuk standar Amerika Utara dan Selatan. Resolusi PAL SIF adalah 352×288. Resolusi NTSC SIF adalah 352×240. Itu tidak terlihat seperti banyak keuntungan dibandingkan resolusi CIF biasa yang lama.

Inilah yang tidak saya katakan kepada Anda. Jika perangkat Anda mengatakan menggunakan resolusi CIF (ditulis dalam C, 2CIF, atau 4CIF), Anda menggunakan codec H.261/263 yang sudah usang. Jika perangkat Anda menentukan bahwa mereka menggunakan resolusi SIF (ditulis dalam S), mereka dapat memanfaatkan format kompresi MPEG-4 dan H.264. Saya akan memiliki artikel lain yang berjudul “Keep It Simple” membahas standar kompresi MPEG dan H.264.

Jadi yang mana yang benar? Keduanya benar. CIF masih digunakan untuk solusi atau aplikasi konferensi video. Di sisi lain, SIF telah dikembangkan dan sebagian besar digunakan sebagai codec pilihan untuk kamera IP dan encoder. Yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana berbicara bahasa dan apa yang Anda tulis di RFP adalah solusi tepat yang Anda cari.

Satu hal terakhir, SIF dan CIF digunakan secara bergantian di mana kebingungan paling banyak terjadi. Untuk menulis artikel ini saya membaca banyak bahan referensi. Masing-masing menggunakan SIF dan CIF untuk menggambarkan 325×240 yang merupakan SIF. Jadi bagaimana cara menentukan SIF/CIF yang mereka maksud? Berikut adalah sedikit informasi. Jika CIF diikuti oleh 352×240 (NTSC), maka mereka merujuk ke SIF. Jika Anda melihat CIF diikuti oleh 352×288, itu benar-benar berarti CIF. Beri tahu yang lain, beri tahu sinyalnya Jika encoder, transmitter, atau encoder sesuai dengan H.264 atau MPEG-4, kemungkinan besar ini berbicara tentang SIF.