Asuransi Kesehatan: Mengapa penting?

Jika Anda belum tahu, asuransi kesehatan adalah jenis jaminan yang ditawarkan berdasarkan kesepakatan bersama jika tertanggung sakit atau membutuhkan perawatan medis. Tertanggung mungkin memiliki kondisi kronis yang memerlukan perawatan medis selama bertahun-tahun yang akan datang. Mari kita tahu lebih banyak tentangnya.

Siapa yang akan membayar biaya pengobatan?

Ini adalah salah satu pertanyaan paling umum yang diajukan orang. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat yakin bahwa kesehatan Anda akan dijaga. Padahal, itu adalah semacam perjanjian atau kontrak antara Anda (pemegang polis) dan perusahaan penyedia asuransi kesehatan. Tujuan dari suatu perjanjian atau kontrak adalah untuk memberikan perlindungan terhadap biaya. Terkadang, biayanya sangat tinggi sehingga pasien tidak mampu membayar tagihan. Akibatnya, seseorang tidak bisa mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan untuk pulih.

Meskipun Anda akan membayar premi bulanan atau tahunan, Anda harus memperkirakan bahwa jumlah premi yang akan Anda bayarkan akan jauh lebih sedikit daripada jumlah yang akan Anda bayarkan jika Anda sakit.

Perlu diingat bahwa asuransi kesehatan adalah jenis manfaat yang ditawarkan oleh organisasi nirlaba, perusahaan swasta, atau lembaga pemerintah. Untuk mengetahui biayanya, perusahaan memperoleh perkiraan biaya pengobatan kolektif untuk semua orang di negara bagian. Risiko tersebut kemudian dibagi di antara para peserta dalam polis.

Mengenai konsepnya, perusahaan asuransi tahu bahwa satu orang mungkin mengeluarkan biaya perawatan kesehatan yang tidak terduga, sementara orang lain mungkin tidak memiliki biaya sama sekali. Oleh karena itu, biaya tersebut didistribusikan kepada sekelompok besar orang dalam upaya membuat asuransi kesehatan terjangkau bagi semua orang yang diasuransikan.

Selain itu, rencana publik dibiayai oleh pemerintah. Oleh karena itu, mereka memberikan jaminan kesehatan tambahan bagi kelompok rentan seperti penyandang disabilitas dan lansia.

Mari kita ambil contoh untuk lebih memahami konsepnya. Seseorang dengan cerebral palsy membutuhkan perawatan khusus sepanjang hidupnya. Maklum, penyakit kronis membutuhkan lebih banyak uang daripada perawatan biasa. Cerebral palsy dapat mengakibatkan kecacatan fisik yang dapat berlangsung seumur hidup pasien.

Mengobati kondisi ini mungkin memerlukan kunjungan rutin ke dokter, beberapa perawatan, dan tinggal lama di rumah sakit. Tergantung pada tingkat kerusakan, Anda mungkin memerlukan asuransi kesehatan swasta. Ini akan melibatkan banyak profesional kesehatan, seperti terapis okupasi, terapis okupasi, terapis fisik, ahli bedah ortopedi, ahli radiologi, dokter anak, ahli saraf, dll.

Beberapa pasien mungkin memerlukan lebih dari satu layanan. Beberapa bahkan mungkin memerlukan ahli patologi wicara, ahli diet terdaftar, dokter gigi kosmetik, atau ahli urologi, untuk beberapa nama.

Oleh karena itu, pertanggungan yang diberikan dapat membantu Anda mendapatkan sedikit keringanan terkait beban pengeluaran. Jika Anda tidak mendaftar, Anda mungkin berada di bawah banyak tekanan keuangan dan mungkin memerlukan bantuan dari sumber lain seperti organisasi amal dan kelompok masyarakat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memanfaatkan asuransi kesehatan.